Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jam Besuk dan Tarif Kamar Rumah Sakit Dustira Cimahi 2023

Jam Besuk dan Tarif Kamar Dustir Cimahi
Rumah Sakit Dustir Cimahi

Rumah Sakit Dustira yang berlokasi di Jalan Dustira No. 1, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Bandung, memberikan layanan unggulan, antara lain onkologi, diabetes, penunjang diagnostik radiologi, dan layanan jantung.

Dengan semua keunggulan tersebut, Rumah Sakit Dustira telah mengukuhkan diri sebagai rumah sakit terkemuka di Kota Bandung.

Sekilas Tentang Rumah Sakit Dustira Cimahi

Rumah Sakit Dustira merupakan rumah sakit kebanggaan prajurit di wilayah Kodam III/Siliwangi yang dibangun pada tahun 1887 pada masa penjajahan Hindia Belanda sebagai rumah sakit Militer (Militare Hospital) dengan luas lahan 14 hektar untuk kebutuhan militer Hindia Belanda yang berdinas di wilayah Cimahi dan sekitarnya.

Dapat dimaklumi karena Pemerintah Kolonial Hindia Belanda mendirikan fasilitas militer di wilayah Cimahi untuk memperkuat pertahanan militernya di wilayah Bandung yang saat itu menjadi ibukota Hindia Belanda.

Rumah sakit ini digunakan sebagai pusat perawatan bagi para tahanan Belanda dan tentara Jepang selama masa pendudukan Jepang (1942-1945). Rumah sakit ini kemudian dikuasai kembali oleh NICA antara tahun 1945 dan 1947.

Rumah Sakit Militare (Rumah Sakit Dustira) diserahkan oleh militer Belanda kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diwakili oleh Letnan Kolonel Dokter Kornel Singawinata setelah Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia (1949).

Sejak saat itu, rumah sakit ini berganti nama menjadi Rumah Sakit Teritorium III, dengan Letnan Kolonel Dokter Kornel Singawinata sebagai direktur pertama rumah sakit tersebut. Namun, pada tanggal 19 Mei 1956, pada saat perayaan Hari Ulang Tahun Teritorium III/10 Siliwangi, Panglima Teritorium III/Siliwangi, Kolonel Kawilarang, mengganti nama rumah sakit ini menjadi Rumah Sakit Dustira.

Hal ini dilakukan sebagai ungkapan rasa terima kasih atas jasa-jasa Mayor dr. Dustira Prawiraamidjaya, yang telah menunjukkan keimanan dan patriotismenya dengan membantu para pejuang di medan perang dan memberikan pertolongan kepada para korban perang, khususnya di daerah atau front Padalarang.

Rumah Sakit Dustira kemudian menerima pasien tidak hanya dari kalangan militer tetapi juga dari masyarakat umum. Saat ini RS Dustira mampu mengupayakan pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif yang terintegrasi dengan pelaksanaan kegiatan promotif dan preventif kesehatan sehingga menjadi rumah sakit rujukan tertinggi.

Rumah Sakit Dustira telah terakreditasi KARS versi 2012 pada tahun 2014, dan rumah sakit ini menjadi percontohan bagi rumah sakit lain, khususnya di jajaran TNI.

Layanan dan Fasilitas Rumah Sakit Dustira Cimahi

Layanan dan Fasilitas Rumah Sakit Dustira Cimahi
Layanan dan Fasilitas

Tentunya sebagai rumah sakit yang menjadi saksi sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia sejak masa penjajahan, rumah sakit ini telah berkembang dengan menyediakan berbagai macam layanan dan fasilitas medis terbaik bagi para pasiennya.

Rumah Sakit Dustira Cimahi menyediakan fasilitas dan layanan medis sebagai berikut:

1. Layanan Rumah Sakit Dustir Cimahi

Poli Anak, Poli Tumbuh Kembang Anak, Poli Thalasemia, Poli Penyakit Dalam, Poli Bedah, Poli Bedah Umum, Poli Bedah Urologi, Poli Bedah Ortopedi, Poli Bedah Saraf, Poli Bedah Plastik, dan Poli Obstetri dan Ginekologi merupakan beberapa dari 23 poli utama yang ada di fasilitas ini, dengan beberapa poli penunjang yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pasien.

Tersedia juga layanan Penyakit Jantung. Poli Penyakit Mata, Poli Penyakit Gigi dan Mulut, Poli Penyakit Saraf, Poli Penyakit Jiwa, Poli Penyakit THT, Poli Penyakit Kulit dan Kelamin, Poli VCT, Poli DOTS, Poli Geriatri, Poli Paru, Poli Gizi, Instalasi Gawat Darurat, Hemodialisa, Endoskopi, Akupunktur, dan Kateterisasi Jantung merupakan beberapa layanan yang ditawarkan.

Layanan rawat jalan ini juga memiliki empat poli penunjang, yaitu fisioterapi, laboratorium, radiologi, dan lab PCR.

2.  Layanan Gawat Darurat dan Rawat Inap

Selain itu, Rumah Sakit Dustira Cimahi memiliki layanan rawat inap dengan kapasitas maksimal 657 tempat tidur, ICU/ICCU, dan ruang perawatan Covid-19 yang terpisah dengan ruang pasien biasa.

3. Pemeriksaan kesehatan

Terakhir, Rumah Sakit Dustira menawarkan pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari program pemeriksaan kesehatan yang komprehensif.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang tepat sebelum penyakit berkembang, jika memungkinkan.

Tarif Kamar Rumah Sakit Dustira Cimahi 2023

Tarif Kamar Rumah Sakit Dustira Cimahi
Tarif Kamar

Tarif Rawat Inap Rumah Sakit Dustira - Sebagian besar warga Kota Cimahi mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Rumah Sakit Dustira. Rumah sakit yang berlokasi di Jalan Rumah Sakit No. 1 ini merupakan rumah sakit umum yang melayani pasien dari Kota Cimahi maupun dari luar daerah.

Rumah Sakit Dustira dilengkapi dengan teknologi medis mutakhir dan tim dokter spesialis yang berpengalaman. Selain itu, rumah sakit ini memiliki beberapa ruang rawat inap yang dapat dipilih oleh pasien sesuai dengan kebutuhannya.

Setiap kamar di fasilitas rawat inap juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pasien. Tentu saja, setiap kamar rawat inap memiliki harga atau tarif yang berbeda.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berencana untuk berobat ke Rumah Sakit Dustira, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai tarif rawat inapnya. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tabel tarif rawat inap Rumah Sakit Dustira per hari untuk setiap kelasnya.

Rumah Sakit Dustira, seperti halnya Rumah Sakit KASIH BUNDA CIMAHI, memiliki empat jenis kamar rawat inap yang dapat dipilih dan digunakan oleh pasien sesuai dengan kebutuhan.

Setiap kamar juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menjamin kenyamanan pasien. Daripada penasaran, yuk simak kelas-kelas kamar rawat inap Rumah Sakit Dustira berikut ini.

Jika Anda memerlukan rawat inap dan ingin menggunakan layanan Rumah Sakit Dustira Cimahi, Anda memiliki beberapa pilihan kamar.

Pastikan untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Daftar tarif kamar rumah sakit yang bisa dipilih untuk kebutuhan rawat inap adalah sebagai berikut:

Tarif Kamar VIP Flamboyan

Harga kamar VIP Flamboyan mulai dari Rp. 920.000 per hari untuk kamar kelas 1, dengan fasilitas:
  • Kapasitas dalam kamar hanya ada 1 orang pasien, AC, TV, Sofa, Lemari hias & Pakaian, Kursi Tamu, Meja Makan, Kamar Mandi Water Heater.

Tarif Kamar VIP Seruni

Kamar VIP Seruni mulai dari Rp. 920.000 per hari dengan fasilitas:
  • Kapasitas dalam kamar hanya ada 1 orang pasien, Sofa, Lemari hias & Pakaian, Kursi Tamu, AC, TV, Meja Makan, Kamar Mandi Water Heater.

Tarif Kamar VIP Anyeir

Kamar VIP Anyeir mulai dari Rp. 670.000 per hari dengan fasilitas:

  • Kapasitas dalam kamar hanya ada 1 orang pasien, Sofa, Lemari hias & Lemari Pakaian, Kursi Tamu, AC, TV, Meja Makan, Kamar Mandi.

Tarif Kamar Kelas I

Kamar kelas 1 tersedia dengan harga Rp. 475.000 per hari dengan fasilitas:

  • Kamar hanya 1 orang pasien, Sofa, Lemari hias & Lemari Pakaian, Kursi Narkas,  Meja Makan, AC, TV, Kamar Mandi.

Tarif Kamar Kelas II

Harga kamar kelas 2 mulai dari Rp. 400.000 per hari, dengan fasilitas:

  • Kamar hanya 2 orang pasien, Kursi Narkas,  kipas angin, kamar mandi. 

Tarif Kamar Kelas III

Harga kamar kelas 3 mulai dari Rp. 325.000 per hari, dengan fasilitas:

  • Kapasitas dalam kamar ddiisi oleh 5 orang pasien, kursi narkas dan kamar mandi.

Seluruh deretan kamar di atas sudah termasuk harga sewa kamar serta biaya kunjungan dokter, namun tidak termasuk biaya perawatan karena disesuaikan dengan keluhan pasien.

Jam Besuk Rumah Sakit Dustira Cimahi

Jam Besuk Rumah Sakit Dustira Cimahi
Jam Besuk

Jika Anda ingin menjenguk teman atau kerabat yang sedang sakit, Anda harus mengetahui jam besuk di Rumah Sakit Dustira, yaitu sebagai berikut:

Jam besuk Rumah Sakit Dustir Cimahi adalah sebagai berikut:

Jam Besuk di Hari Senin - Sabtu

  • Jam Besuk Siang Pukul: 07:00 - 20:00 WIB

Jam Besuk di Hari Minggu dan Hari Libur Nasional

  • Jam Besuk Siang Pukul: 07:00 - 20:00 WIB

Beberapa peraturan yang harus kamu ketahui untuk bisa mengunjungi pasien Rumah Sakit Dustir Cimahi. Yaitu:

  1. Berkunjung pada jam besuk Rumah Sakit Dustir Cimahi.

  2. Bawalah barang yang diperlukan saja.

  3. Di dalam Rumah Sakit Dustir Cimahi jangan membuat keributan.

  4. Saat memasuki kamar pasien untuk bergantian setiap dua orang.

  5. Tidak diperbolehkan membawa anak di bawah umur.

  6. Kondisi tubuh pengunjung dalam keadaan sehat.

  7. Ketika jam besuk selesai, pengunjung diharapkan untuk pulang sesuai jam besuk berlaku agar pasien dapat beristirahat dan pulih dengan cepat.

Namun, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi saat menjenguk untuk memastikan kenyamanan setiap pasien di rumah sakit, seperti membatasi jumlah pengunjung maksimal dua orang dalam satu waktu dan tidak membuat keributan.

Kontak Rumah Sakit Dustira Cimahi

Kontak Rumah Sakit OMNI Cikarang
Kontak
  • Alamat: Jalan Dustira No.1, Baros, Cimahi Tengah, Cimahi, Jawa Barat Indonesia Kode Pos: 40521
  • Contact

    • Tlpon : (022) 665-2207
    • IGD : (022) 663-0932
    • Informasi: 663-3967
  • Email: info@rsdustira.com

  • Instagram: @omnihospitalsgroup

  • Website: https://www.rsdustira.co.id

Lokasi : Google Maps

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai jam besuk dan tarif kamar Rumah Sakit Dustir Cimahi. Semoga informasi ini bermanfaat, digunakan sebaik-baiknya dan sesuai dengan jadwal serta peraturan yang berlaku saat menjenguk pasien di Rumah Sakit Dustir Cimahi.

Jangan lupa untuk membawa  selalu kartu identitas yang berlaku dan ikuti semua protokol kesehatan di RS Dustir Cimahi
Mimin Ucapkan Terimakasih :)