Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membeli Saham Blue Chip

Cara Membeli Saham Blue Chip - Apakah Anda sudah familiar dengan konsep saham blue chip? Dapat dikatakan bahwa saham-saham Blue Chip seringkali menjadi pilihan utama para investor, terutama mereka yang baru mengenal dunia investasi saham, di antara strategi investasi saham yang tetap populer dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak korporasi yang menguasai saham-saham Blue Chip yang terkenal di skala nasional dan menghasilkan saham-saham ternama, yang menjadi salah satu faktor penyebab popularitasnya.

Cara Membeli Saham Blue Chip dan Apa itu Blue Chip

Selain itu, bisnis dengan saham Blue Chip biasanya memiliki sejarah panjang dan kemampuan untuk bertahan di masa ekonomi yang menantang. Hal ini menunjukkan kesesuaian jenis saham ini untuk investasi jangka panjang.

Kami akan membahas beberapa nuansa saham Blue Chip pada kesempatan kali ini, termasuk cara membeli saham Blue Chip.

Tentu saja, memiliki pengetahuan tentang saham Blue Chip dapat membantu Anda mengelola investasi dengan lebih efektif dan mencapai tingkat pengembalian yang ditargetkan di masa depan.

Cara Membeli Saham Blue Chip dengan Mudah 100% Terbukti.!!

Mimin akan mencoba memberikan informasi cara membelisaham Blue Chip disini, mulai dari yang paling sederhana hingga kemungkinan lainnya:

1. Apa Itu Saham Blue Chip

2. Sekilas Tentang Blue Chip

3. Ciri-ciri Saham Blue Chip

  • 1# Nilai Kapitalisasi Tinggi

  • 2# Pemimpin di Industrinya

  • 3# Kinerja Bisnis yang Kuat 

  • 4# Pembagian Dividen Secara Konsisten

  • 5# Ramai Diperagangkan

  • 6# Dapat Diinvestasikan untuk Jangka Panjang

4. Cara Memilih Saham Blue Chip

  • 1# Kenali Kriteria Saham Blue Chip

  • 2# Cari Perusahaan  yang Memiliki Faktor Penentu

5. Cara Membeli Saham Blue Chip untuk Pemula

  • 1# Mulai Membuka Akun Sekuritas

  • 2# Beli Saham

  • 3# Buatlah Anggaran Investasi yang Cukup

  • 4# Riset Saham Blue Chip Terbaik

  • 5# Analisis Kinerja Tahunan Saham Pilihan Anda

  • 6# Lakukan Pembelian Saham Berdasarkan Kemampuan

  • 7# Perhatikan Kondisi Pasar

Sebelum lanjut mimin akan mengulas apa itu Saham Blue Chip agar menambah wawasan kita dalam membeli saham Blue Chip Simak di bawah ini.

1.  Apa Itu Saham Blue Chip

Apa Itu Blue Chip dan Bagaimana Cara Membeli Saham Blue Chip
Apa itu Saham Blue Chip  - Saham lapis pertama yang dikenal sebagai saham "Blue Chip" memiliki kapitalisasi pasar lebih dari Rp40 triliun.

Saham bisnis dengan reputasi nasional yang solid dianggap sebagai blue chip, menurut New York Stock Exchange.

Saham-saham ini berasal dari organisasi yang dapat dipercaya, mampu, dan mampu menghasilkan keuntungan dalam berbagai kondisi ekonomi yang menguntungkan dan tidak menguntungkan.

Perusahaan yang termasuk dalam kategori saham Blue Chip biasanya memiliki hasil keuangan yang kuat dan dipimpin oleh pakar saham.

Sementara itu, bisnis yang masuk dalam daftar saham Blue Chip termasuk saham-saham yang bergerak di bidang yang menghasilkan barang dan jasa yang banyak diminati.

jika dilihat dari penggunaan istilah tersebut. Sebenarnya, ungkapan "Blue Chip" digunakan dalam permainan poker. Sebuah koin dalam game ini yang dikenal sebagai "blue chip" memiliki nilai tertinggi dibandingkan dengan koin lainnya.

Pasar saham kemudian menggunakan frasa tersebut secara ekstensif. Frasa ini awalnya digunakan di pasar saham oleh Oliver Gingold.

Gingold akhirnya mengkategorikan saham-saham bernilai tinggi ini dengan label "Blue Chip" setelah mengamati minat investor pada saham-saham dengan harga antara $200 dan $250. Secara umum, istilah "Blue Chip" mengacu pada saham-saham teratas di pasar modal global.

2. Sekilas Tentang Saham Blue Chip

Apa sebenarnya saham blue chip itu? 

Saham blue chip pada awalnya merujuk pada saham-saham perusahaan yang menjadi pemimpin pasar di industrinya masing-masing. Selain itu, barang dan jasa yang ditawarkan tersedia untuk pasar yang besar.

Saham blue chip juga dapat dianggap sebagai saham perusahaan internasional. Akibatnya, masyarakat umumnya akrab dengan bisnis ini dan mereka telah menetapkan legitimasi mereka.

Saham PT Unilever Indonesia (UNVR), PT Telkom Indonesia (TLKM), PT Bank Rakyat Indonesia (BBRI), dan perusahaan lainnya adalah beberapa contoh saham blue chip di Indonesia.

Permainan poker adalah tempat ungkapan "blue chip" pertama kali muncul. Blue chip yang memiliki nilai lebih besar dari hue lainnya, berfungsi sebagai fondasinya.

Selain itu, frasa ini digunakan untuk merujuk pada bisnis yang memiliki sejarah sukses dan dapat beradaptasi dengan berbagai faktor lingkungan.

3. Ciri-ciri Saham Blue Chip
Ciri-ciri Saham Blue Chip

Bisnis dalam kelompok saham ini yang memenuhi syarat sebagai saham Blue Chip tidak diragukan lagi memenuhi serangkaian standar.

Anda dapat menggunakan fitur saham Blue Chip berikut untuk mempersempit daftar investasi potensial Anda dengan memperhatikan saham mana yang sesuai dengan kriteria tersebut.

1# Nilai Kapitalisasi Tinggi

Nilai kapitalisasi pasar yang tinggi dari saham Blue Chip adalah fitur pembeda utama mereka. Perusahaan dengan kapitalisasi substansial lebih dari Rp 40 triliun berhak masuk dalam kategori saham Blue Chip.

2# Pemimpin di Industrinya

Perusahaan yang dianggap "Blue Chip" seringkali adalah mereka yang menjadi pemimpin di industrinya.

Perusahaan ini seringkali telah menjalankan bisnis selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, membuat produknya dikenal luas baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

3# Kinerja Bisnis yang Kuat

Saham perusahaan dengan rekam jejak pencapaian keuangan yang kuat dikenal sebagai saham "blue chip". Bisnis secara konsisten membukukan keuntungan dan memiliki sejarah ekspansi tahunan.

4# Pembagian Dividen Secara Konsisten

Perusahaan yang termasuk dalam kategori Blue Chip memiliki sejarah membayar dividen secara konsisten. Penerbit Blue Chip sering terus menerus membagikan dividen atau keuntungan selama periode 10 tahun.

5# Ramai Diperagangkan

Saham yang paling sering diperdagangkan baik untuk investor ritel maupun institusional adalah saham blue chip.

Indeks LQ45 dan daftar bursa paling aktif keduanya biasanya termasuk saham yang diklasifikasikan sebagai Blue chip.

6# Dapat Diinvestasikan untuk Jangka Panjang

Karena saham blue chip sering bergerak dengan mantap dan tidak terlalu tidak menentu, maka saham ini cocok untuk investasi jangka panjang.

Hal ini agar saham dapat memahami bahwa, secara umum, perusahaan Blue Chip adalah bisnis yang solid dan mapan yang tidak lagi berkembang.

4. Cara Memilih Saham  Blue Chip

Cara Memilih Saham  Blue Chip
Mengetahui beberapa saran dalam memilih saham blue chip adalah ide yang baik sebelum berbicara tentang cara membeli saham blue chip.

Hal ini penting karena memungkinkan Anda untuk menentukan saham blue chip mana yang cocok untuk investasi di kemudian hari dengan menggunakan saran ini.

Sebelum memilih saham blue chip, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal berikut:

1# Kenali Kriteria Saham Blue Chip

Anda harus memahami persyaratan saham untuk memilih saham blue chip. Perlu diketahui bahwa Bursa Efek Indonesia (BEI) tidak menyusun daftar saham tertentu yang memenuhi syarat sebagai blue chips. Persyaratan untuk saham blue chip harus dipahami sebagai hasilnya.

Secara umum, daftar LQ45 termasuk saham yang merupakan saham blue chip. Ada berbagai persyaratan lagi, antara lain:

  • Memiliki status volatilitas rendah berarti ada sedikit atau tidak ada fluktuasi signifikan di pasar.
  • Karena likuiditas biasanya tinggi, menjual saham itu sederhana.
  • Memiliki sedikit atau tidak ada hutang
  • Kapitalisasi pasar seringkali tinggi.

Beberapa item di atas merupakan standar yang berbeda untuk saham blue chip. Selain itu, mayoritas saham blue chip membayar rekor dividen yang seringkali stabil dan meningkat.

2# Cari Perusahaan yang Memiliki Faktor Penentu

Untuk mengidentifikasi saham blue chip yang benar, Anda juga perlu mencari perusahaan dengan faktor-faktor tertentu.

Mengenai hal ini, lihatlah bagaimana sebuah perusahaan telah menggunakan strategi pemasaran produk di masa lalu dan sekarang. Bisnis yang baik dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan.

Perlu diketahui bahwa saham blue chip berasal dari bisnis dengan kemampuan kepatuhan keuangan yang kuat. Akibatnya, bisnis akan sangat tangguh dan tidak terpengaruh oleh pasar yang menurun.

Untuk memilih saham blue chip yang Anda inginkan, mulailah dengan mempertimbangkan dua poin di atas.

Merupakan ide bagus untuk mendiversifikasi saham Anda di beberapa sektor yang berbeda dan berbeda nanti, saat Anda mulai berinvestasi. 

ni bisa menjadi taktik yang digunakan untuk mencegah kerugian di kemudian hari saat harga saham sedang turun.

5. Cara Membeli Saham Blue Chip untuk Pemula

Cara Membeli Saham Blue Chip untuk Pemula
Menurut beberapa penjelasan di awal, saham blue chip merupakan kelas saham yang sangat menjanjikan bagi investor pemula. Bagaimana Anda bisa membeli saham blue chip?

Bagaimana Cara Membeli Saham Blue Chip untuk Pemula?

Apakah Anda masih tertarik untuk membeli saham blue chip sekarang setelah mengetahui beberapa contoh dan harganya? Jika "ya", maka Anda dapat membeli saham blue chip dengan berbagai cara, beberapa di antaranya tercantum di bawah ini.

Untuk membeli saham blue chip tersebut, Anda harus terlebih dahulu melakukan langkah-langkah berikut:

1# Mulai Membuka Akun Sekuritas

Anda harus memiliki rekening efek agar dapat memiliki akses untuk membeli saham blue chip. Hal ini karena mekanisme sekuritas mengatur proses pembelian dan penjualan saham.

Layanan terbaik kini disediakan oleh sejumlah besar perusahaan sekuritas. Anda dapat memilih pemasok layanan yang dapat diandalkan.

Selain itu, kontraskan modal awal yang disarankan karena persyaratan modal awal untuk berbagai bisnis sekuritas biasanya bervariasi.

2# Beli Saham

Anda bisa langsung membeli saham blue chip pilihan saat proses pembukaan rekening efek sudah selesai, termasuk proses verifikasi, deposit, dan langkah-langkah lainnya. Membeli saham blue chip tentunya sama saja dengan membeli saham lainnya.

  • Anda hanya perlu masuk ke aplikasi sekuritas.

  • Pilih opsi perdagangan di halaman awal, lalu klik beli di sebelah opsi itu. Anda akan dibawa ke kotak dialog baru nanti.

  • Masukkan kode untuk saham blue chip yang ingin Anda beli di kotak dialog baru.

  • Masukkan kode saham, seperti BBRI untuk PT Bank Rakyat Indonesia atau UNVR untuk PT Unilever Indonesia, misalnya jika ingin membeli saham dari perusahaan tersebut.

Penting untuk diingat bahwa Anda harus memeriksa laporan keuangan yang disajikan sebelum memilih saham blue chip. Memahami status saham sangat penting.

Pilih berapa lot yang ingin Anda beli setelah memutuskan saham blue-chip mana yang akan dibeli. Setelah Anda mengklik beli dan saham blue chip menjadi milik Anda, pengisian selesai.

3# Buatlah Anggaran Investasi yang Cukup

Langkah pertama dalam mempelajari cara membeli saham unggulan adalah membuat rencana investasi yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Sebagai informasi, investor harus langsung membeli 1 lot saham saat membeli saham di bursa (sama dengan 100 saham).

Anggaran sebesar Rp. 30000 dikalikan 100 lembar saham, atau Rp. 3 juta, diperlukan jika ingin membeli saham dengan harga Rp. 30.000 per saham.

4# Riset Saham Blue Chip Terbaik

Metode pembelian saham blue chip selanjutnya adalah melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilih tempat membeli saham tersebut. Pada kenyataannya, tidak semua perusahaan blue chip sejalan dengan minat Anda.

Misalnya, karena Anda tidak benar-benar mendapatkan emosi pasar, Anda sebenarnya tidak suka berinvestasi di industri pertambangan.

Jika demikian, tahan keinginan untuk berinvestasi kecuali Anda tertarik untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam menilai sentimen pasar.

5# Analisis Kinerja Tahunan Saham Pilihan Anda

Faktanya, ada bisnis tertentu yang memiliki eksterior "blue chip" tetapi memiliki sejarah keuangan yang tidak teratur.

Untuk membeli yang ditipu, langkah selanjutnya dalam membeli saham blue chip adalah meninjau kinerja keuangan tahunan perusahaan.

6# Lakukan Pembelian Saham Berdasarkan Kemampuan

Tips tselanjutnya cara membeli saham blue chip adalah bertindak sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan membeli sendiri untuk membeli saham blue chip segera jika keuangan Anda tidak menutupi biayanya.

Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk berinvestasi pada saham non-blue chip yang berisiko rendah seperti reksa dana, instrumen utang, dan sebagainya.

7# Perhatikan Kondisi Pasar

Anda harus mengawasi pasar setelah membeli saham blue-chip yang Anda sukai. Anda dapat mengawasi harga dan peluang lain untuk menghasilkan uang menggunakan media sosial tanpa harus memeriksa terus-menerus.

Ulasan mengenai saham blue chip ini mencakup informasi tentang cara membeli saham blue chip. Membeli saham blue chip tidak diragukan lagi merupakan strategi investasi terbaik untuk Anda gunakan karena kondisi saham yang sangat baik dan risiko kerugian yang kecil. mungkin bermanfaat

Petunjuk dari mediatirta.com untuk cara membeli Saham Blue Chip, hanya untuk tujuan informasi saja, dan bukan untuk transaksi bisnis dalam bentuk apa pun.

Mediatirta.com selalu berusaha untuk memberikan informasi seakurat mungkin dengan  sumber terpercaya.

Kata terakhir

Informasi terbaru dari mediatirta.com tentang cara membeli saham blue chip kali ini, merupakan langkah sangat bermanfaat karena bisa Anda pelajari, dan Anda bisa langsung menggunakan petunjuk di atas untuk membeli saham Blue Chip pertama Anda.

Jangan lupa untuk membagikan postingan informatif tentang cara membeli saham blue chip ini jika dirasa bermanfaat.

Terima kasih.