Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya USG RS Paramount Makassar

Biaya USG RS Paramount Makassar
Biaya USG RS Paramoun

Mediatirta.com - Ultrasonografi adalah salah satu metode yang digunakan untuk memeriksa kandungan pada wanita hamil untuk mengetahui kondisi janin di dalam tubuh. Setiap tiga bulan sekali, USG dianjurkan untuk dilakukan.

Berapa biaya USG di pusat kesehatan atau rumah sakit? Gambar USG janin dapat membantu dokter dan bidan dalam menilai pertumbuhan dan perkembangan janin serta status kehamilan. Pada trimester pertama kehamilan, USG biasanya dilakukan untuk memastikan posisi janin dan memperkirakan usia kehamilan.

Pada trimester pertama, USG digunakan untuk menentukan apakah pertumbuhan tubuh janin sudah lengkap atau belum. USG digunakan pada trimester ketiga untuk menentukan posisi kepala janin, jenis kelamin, dan bagian tubuh yang sedang berkembang.

Sebenarnya, dalam bidang medis, USG digunakan lebih dari sekedar menentukan kehamilan. Namun, penyakit lain seperti hati, limpa, kandung empedu, ginjal, pankreas, aorta, dan kandung kemih juga diperiksa.

Jenis USG Kehamilan

Jenis USG kehamilan Sebelum menentukan biaya USG di puskesmas dan rumah sakit, perlu dipahami berbagai jenis USG. Menurut mimin, ada dua jenis pemeriksaan USG kehamilan:

1. Ultrasonografi secara transvaginal.

USG transvaginal menggunakan transduser, yaitu alat seperti tongkat yang dimasukkan ke dalam vagina untuk mengirimkan gelombang suara dan mengumpulkan pantulan suara.

Ultrasonografi ini biasanya digunakan untuk pemeriksaan awal kehamilan. Ini karena kantung janin masih belum terlihat dengan jelas ketika jenis USG lainnya digunakan.

2. Ultrasonografi perut.

Tranduser digerakkan di atas perut pasien untuk melakukan USG transabdominal. USG transabdominal diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan kebutuhan pasien, dan gambar yang ditampilkan bervariasi, termasuk USG 2 Dimensi, USG 3D, dan USG 4D.

Biaya USG Puskesmas

Biaya USG Puskesmas Ada berbagai macam jenis USG, kebutuhan yang berbeda, dan biaya USG yang harus dikeluarkan pun beragam. Beberapa puskesmas menawarkan tes kehamilan dengan biaya USG di Puskesmas, namun terbatas pada USG 2D.

Saat pemeriksaan kandungan rutin di Puskesmas, ibu hamil cukup membawa kartu BPJS Kesehatan yang masih aktif. Untuk pemeriksaan rutin, dokter Puskesmas biasanya akan melakukan USG 2D dan memeriksa detak jantung bayi.

Menurut informasi yangmimin dapatkan, BPJS Kesehatan kini akan menanggung biaya USG ibu hamil di Puskesmas. Hal ini disampaikan oleh Dante Saksono Harbuwono, Wakil Menteri Kesehatan, saat membagikan 447 mesin USG di Puskesmas pada hari Kamis (25/11/2021) kemarin.

Para dokter Puskesmas juga telah mendapatkan pelatihan untuk menggunakan dan membaca alat USG ini. Rencananya, 4.180 alat USG akan didistribusikan ke seluruh puskesmas di Indonesia pada tahun depan. Alhasil, biaya USG di Puskesmas dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Jika ada kelainan pada ibu hamil, bisa langsung ditangani oleh dokter Puskesmas karena gratisnya biaya USG di Puskesmas. Jika perlu dirujuk ke rumah sakit, Anda dapat melakukannya lebih cepat.

Biaya USG RS Paramount Makassar

Biaya USG RS Paramount Makassar - Biaya USG untuk pemeriksaan kehamilan berbeda-beda di setiap rumah sakit. Hal ini disebabkan oleh kualitas peralatan medis dan dokter yang digunakan berbeda-beda.

Biaya USG di rumah sakit umum daerah mungkin lebih mahal daripada biaya USG di rumah sakit swasta. Ada juga berbagai jenis USG yang tersedia, seperti USG transvaginal, USG 2 dimensi, USG 3D, dan biaya USG 4D.

Berikut daftar biaya USG RS Paramount Makassar:

1. Paket Promo dari RS Paramount Makassar

  • Screening USG 4D
  • Screening Kehamilan
  • Screening Kelainan Bawaan
  • Memantau Perumbuhan Janin
  • Memantau Dinamika Aliran Darah pada Janin
  • Memantau Dinamikap Cairan Aminin
  • Mengintip Wajah Janin

2. Membantu Program Kehamilan

3. Mendekteksi Tumor Kehamilan Secara Lebih Jelas

 Biaya USG RS Paramount RP. 700.000 (ini sudah termasuk 1x konsultasi dokter)

Pedaftaran By  WA  di No +62-822-5984-2424

Dafatr Dokter dan Jadwal USG RS Paramount

berikut dua okter yang bertugas memeriksa USG RS Paramount Makassar

1. Dr. dr.Efendi Lukas, Sp. OG

Selasa, Kamis dan Sabtu di Jam: 09.00-10.00

2. Dr. dr. Isharyah Sunarmo, Sp OG

Senin-Jumat  di Jam: 16.30.17.30

Akhir Kata

Itulah yang mimin bisa sampaikan untik Biaya USG RS Paramount, semoga bisa membantu kamu yang mencari informasi tentang biaya USG  di sekitar Makassar.